Rabu, 20 April 2011

yang biasa

ini adalah beberapa kata dan kalimat Itali yang sangat umum digunakan sehari-hari

buongiorno = selamat pagi dan selamat siang 
(arti harfiahnya selamat hari, klo di Itali salam ini berlaku dari pagi sampai siang sekitar jam 2)
buonpomeriggio  = selamat siang/sore
(berlaku dari jam 2 siang sampe sore)
buonasera = selamat malam  
(untuk menyapa orang dimalam hari, klo bahasa Inggris good evening)
buonanotte = selamat malam 
(untuk kalimat perpisahan sebelum tidur, bahasa Inggris good night, klo gaul cukup bilang notte ato notti )
ciao = hai ato da..dahh (bye)
(ciao itu salam tidak formal, diucapin waktu perjumpaan ato perpisahan) 
pronto = halo (untuk menjawab telepon)
come stai? = apa kabar
come sta? = apa kabar (sopan/formal)
sto bene = saya baik-baik saja 
(percakapan sehari-hari biasanya cukup bilang bene = baik)
sto benissimo! = saya baik sekali (lebih sopan)
non sto bene = saya tidak sehat
non sto molto bene = saya kurang sehat 
(lebih sopan dari non sto bene)
grazie = terimakasih
grazie mille = terimakasih banyak
prego = terima kasih kembali (sama2)
scusami = permisi
mi dispiace = maaf (menunjukkan penyesalan)
scuza = maaf
come ti chiami? = siapa nama kamu?
come si chiama? = siapa nama anda?
mi chiamo ... = nama saya ....
piacere di conoscerti  = senang berkenalan dengan anda 
(pertama kali bertemu, sangat formal, biasanya  piacere saja udah cukup)
arrivederci = selamat tinggal
ArivederLa = selamat tinggal (formal)
a presto = sampai jumpa lagi 
buona giornata  = semoga harimu baik 

segitu dulu deh, nanti di tambahin lagi :)



9 komentar:

  1. Tambah lagi dong k . aku pingin belajar bahasa itali sehari-hari

    BalasHapus
  2. bagus bget.. Tp tambah lagi mungkin angka dlm italy

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sdh berkunjung, Insyaallah ya.. bsk ditambah lagi.. :)

      Hapus
  3. Wow, ini keren bgt. Tolong tambahin lagi ya....

    BalasHapus
  4. asekk juga ya belajar bahasa italia,mana tau kita bisa pergi jalan jalan kesana jadi belajar dulu deh dasarnya...
    buat yang mau belajar cara dasar membuat kalimat bahasa inggris boleh mengunjugi ke web ane gan. Di web ane juga akan dijelaskan bagaimana konsep dasar belajar bahasa inggris bekerja..
    ciaou....

    BalasHapus